Jumat, 09 Oktober 2009

Jago KANDANG (SDM-17)


Jago KANDANG dan Mental Ayam SAYUR

Sungguh bingung dan sangat heran dibuatnya, oleh sikap mental banyak kawan saya yang seperti disebutkan diatas, yaitu : " Jago KANDANG dan Mental Ayam SAYUR ".
Kisah nyata ini merupakan kelanjutan kisah nyata dengan judul " Burung dalam SANGKAR (SDM-16) ", begini kisahnya :
Banyak kawan saya, apakah itu mantan teman kuliah, mantan teman kerja dan yang lainnya, kalau kita kumpul dan bincang-bincang mereka selalu bertanya :
- Ada bisnis apa nih,........ yang dapat digarap bersama.
- Kalau ada bisnis, ajak kita dong, biar kecipratan rejeki.
- Ada uang nganggur dari pada di deposito kan, sebaiknya dipakai bisnis apa ya ?
Itulah beberapa pertanyaan dan permintaan bantuan dari kawan yang bekerja sebagai karyawan diperusahaan.
Mereka semua, rata-rata kariernya bagus, artnya prestasi kerjanya bagus, pendidikan mereka baik dan sangat baik, pintar bahkan saya merasa mereka jauh lebih pintar dari saya, jabatannya juga tinggi dari mulai manager sampai dengan direktur bahkan ada beberapa orang presdir diperusahaan kelas menengah dan besar.
Mereka itu,......... pintar, banyak ilmu dan pengetahuan, memiliki pengalaman kerja yang sangat cukup, memiliki kompetensi yang telah teruji, kematangan usia lebih dari cukup.
Jadi kurang apa mereka itu ?
Sungguh tidak habis pikir dan tidak percaya dibuatnya.
Bahkan ada beberapa teman, karena sering sekali meminta pandangan dan masukan tentang bagaimana memulai usaha sendiri,........ akhirnya saya beri solusi, yaitu mengajak mereka untuk mulai berbisnis, bermitra dengan saya.
Mengapa saya ajak mereka bermitra dengan saya ?
Karena untuk berbisnis sendiri, mereka belum siap dan belum dapat membagi waktu, antara bekerja dengan berusaha sendiri,........... itu sebagian dari alasan mereka.
Saya ajak mereka sebagai investor pasif, menurut saya sangat aman, tidak memerlukan modal besar (modal kerja mulai Rp.100 juta saja), ROI baik (keuntungan per bulan, bisa 6 s/d 9 kali suku bunga deposito saat ini), waktu investasinya pendek, hanya 2 s/d 3 bulan.
Mau tahu reaksi mereka,.......... mereka semua mundur teratur dan tanpa kabar berita,..........tapi sungguh aneh luar biasa, beberapa bulan kemudian mereka HP saya lagi menanyakan lagi hal yang sama,........ bagaimana menurut pendapatmu ???
Padahal kalau mereka bersenang-senang, belanja, bermain golf, clubing, jalan-jalan keluar negeri sekeluarga dan lain sebagainya, total pengeluaran dalam satu tahun jauh lebih besar dari modal awal usaha untuk memulai bisnis mereka atau kegiatan usaha mereka sendiri,........... yaitu hanya Rp.100 juta saja.
Jadi apa ya yang membuat mereka takut dan ketakutan untuk memulai bisnis mereka sendiri ?
Padahal itu semuakan yang mereka inginkan dan harapkan, untuk masa depan mereka dan keluarga sendiri ?
Tidak masuk akal sehat kan, sepertinya cerita ini mengada-ada,......... tapi suka tidak suka saya harus katakan, itulah kejadian yang sesungguhnya.
Kasus-kasus seperti ini banyak sekali, baik yang saya ketahui secara langsung maupun tidak langsung.
Tidak percaya,........ mau bukti ???
Silahkan kita hitung sendiri dari puluhan bahkan ratusan mantan teman-teman kita yang kena PHK, Pensiun Dini atau telah Pensiun, berapa banyak yang jadi pengusaha dan berapa banyak yang berhasil ?
Berapa persen yang sukses dan berhasil sebagai pengusaha ?
Padahal banyak diantara mereka yang waktu bekerja adalah karyawan yang hebat dan luar biasa, sangat berhasil dalam pekerjaan dan kariernya, juga sangat berhasil dalam membangun, mengembangkan dan membesarkan perusahaan tempat mereka bekerja dan berkarya.
Tetapi mengapa mereka memble dan gagal total dalam membangun dan mengembangkan usaha mereka sendiri ???
Jawabnya adalah kepribadian dan sikap mental mereka tidak mendukung usaha mereka sendiri,........ mereka adalah " Jago KANDANG dan Ayam SAYUR ".
Mereka hanya berani bertanding dan berlaga dikandang sendiri dan mereka bukan ayam aduan, tapi ayam sayur yang lebih enak kita buat opor atau gulai ayam.
Saya punya beberapa Client yang saya ubah sikap mentalnya dari Ayam SAYUR menjadi Ayam ADUAN, agar mereka mempunyai 4 K (lihat dan baca Burung dalam SANGKAR) dan tahu siapa diri mereka yang sesungguhnya (lihat dan baca The ART of WAR).
Untuk itu pastikan kita adalah Ayam ADUAN dan bukan Ayam SAYUR,........ Ayam ADUAN kah kita ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar