Selasa, 15 September 2009

The ART of WAR (SDM-13)


SENI BERPERANG karya SOEN TZU

The ART of WAR karya SOEN TZU, adalah buku militer klasik tertua yang diketahui dalam literatur Cina.

Buku yang menjabarkan secara detail, mengenai taktik dan strategi perang, serta menjelaskan bagaimana caranya kita dapat memenangkan suatu pertempuran dan memenangkan perang tersebut.

Diperkirakan SOEN TZU menulis buku tersebut +/- 500 tahun sebelum Masehi (ada juga yang menyebutkan +/- 400 tahun s/d 300 tahun SM), atau 2509 tahun yang lalu.

Jadi kalau dilihat dari usianya, buku tersebut sudah sangat tua umurnya, yaitu telah berusia 2509 tahun.

Hebat dan luar biasa,......... ternyata taktik dan strategi perang dalam buku tersebut sampai dengan saat ini (tahun 2009), masih tetap up to date dan tidak ketinggalan zaman, serta dapat di implementasikan kedalam banyak hal.

Apa yang dijabarkan dalam buku tersebut, dijadikan bahan acuan dari hampir semua taktik dan strategi bisnis, maupun militer sampai dengan saat ini.

Banyak pakar Manajemen, para Eksekutif, CEO, Politikus, pimpinan Militer dan Pemerintahan didunia ini, yang memberikan pujian dan penghargaan tertinggi kepada buku tersebut.

Inti sari buku The ART of WAR untuk dapat memenangkan Pertempuran dan Peperangan adalah sebagai berikut :
Kenalilah DIRI SENDIRI dan MUSUH kita,......... maka Kemenangan kita TAK TERGOYAHKAN,

Dengan mengenal MEDAN dan CUACA, maka Kemenangan kita semakin LENGKAP dan SEMPURNA.

Siapa yang mengenal DIRI SENDIRI, tapi tidak mengenal DIRI MUSUH nya, hanya mempunyai peluang sama besar untuk menang dan setiap Kemenangan yang diperolehnya akan membuat DERITA.

Tetapi siapa yang tidak mengenal DIRI SENDIRI dan DIRI MUSUH nya, akan KALAH disemua medan pertempuran.

Jadi kalau kita semua mau sukses dimanapun, dalam kehidupan kita, keluarga, pekerjaan, maupun usaha kita, maka kita harus :

Pertama,
Kenalilah dan ketahuilah secara pasti (100%) siapa diri kita, baik kelebihan maupun kekurangan kita.
(Karakter, Kepribadian, Sikap Mental, Bakat, Potensi, Kompetensi (Skill), Sarana dan Prasarana,
Fasilitas yang kita miliki dll).

Kedua,
Kenalilah dan ketahuilah dengan baik dan benar siapa orang-orang disekitar kita, competitor, pesaing usaha kita, baik kelebihan maupun kekurangannya.
(Keluarga, Teman, Mitra Usaha, Competitor, Musuh kita dll).

Ketiga,
Kenalilah dan ketahuilah dengan baik dan benar, lingkungan, wilayah, daerah, negeri kita, perusahaan, usaha, competitor, juga pasar kita.
Keempat,
Kenalilah dan ketahuilah dengan baik dan benar, perubahan yang terjadi pada diri kita, keluarga, teman, mitra usaha, competitor, perusahaan, pemerintahan (perundangan, peraturan, keamanan dll).

Dari empat point utama, yang terpenting menurut Soen Tzu adalah kita harus mengenal 100% siapa diri kita, baru competitor dan yang lainnya.

Tanpa mengenal siapa diri kita, kemungkinan SUKSES dan BERHASIL hanya 50% saja, itupun baru dapat kita capai dengan perjuangan yang berdarah-darah.

Masalahnya banyak sekali orang yang tidak mengenal siapa dirinya dengan baik dan benar, justru orang disekitarnya lebih tahu dan mengenal siapa diri kita yang sesungguhnya.

Padahal menurut Soen Tzu mengenal DIRI SENDIRI itulah yang utama dan terpenting, jika kita ingin SUKSES dan BERHASIL.

Tidak percaya ???,......... mari kita tes sama-sama, sampai sejauh mana kita mengenal diri kita sendiri.
Caranya mudah dan sederhana,......... ambil selembar kertas, kemudian tuliskan sebanyak mungkin kelebihan dan kekurangan kita, beri nomor misalnya nomor 1 s/d 20 untuk kelebihan maupun kekurangan kita.
Kemudian pilih 4 atau 5 orang yang kita anggap paling tahu dan mengenal diri kita, minta bantuan kepada mereka untuk memberikan masukan (sejujurnya), tentang kelebihan dan kekurangan diri kita, tulisan pada selembar kertas dan beri nomor 1 s/d 20 (sama seperti diatas).
Kemudian hasil jawaban mereka bandingkan dengan hasil jawaban kita,.......... hitung berapa persen penyimpangan atau perbedaannya dengan jawaban kita sendiri.
Semakin besar perbedaannya, berarti semakin kita tidak mengenal siapa diri kita.
Untuk tahu dan mengenal siapa diri kita, terutama penyakit Psikosomatik kita silahkan lihat dan baca BLOG, psikosomatik-ku.blogspot.com.
Jadi,......... ingat, ingat dan ingat !!!, jangan main-main dengan diri kita, kenalilah dan ketahuilah siapa diri kita seutuhnya (100%), itulah kunci SUKSES dan KEBERHASILAN kita.
Pertanyaan,......... sudahkah kita mengetahui dan mengenal siapa diri kita yang sesungguhnya ???