Rabu, 02 September 2009

P-D-C-A (SDM-10)

Plan - Do - Check & Recheck – Action

Banyak orang yang bicaranya ASBUN (Asal Bunyi), janjinya GOMBAL, kerjanya NGAWUR.

Mengapa kerjanya NGAWUR ???

Kerjanya NGAWUR, karena mereka bekerja tanpa perencanaan kerja yang baik dan matang, jadi mereka asal kerja atau kerjanya asal-asalan.

Mengapa kerja mereka seperti itu ?

Karena di Otak kita tidak terdapat " Progran Kerja yang Baik dan Benar ", jadi Otak tidak dapat membantu kita untuk bekerja sesuai proses kerja yang baik dan benar.

Untuk itulah mulai sekarang kita harus memasukan, meng-instal Program Kerja yang Baik dan Benar kedalam Otak kita.

Baru Otak dapat membantu dan menolong kita, untuk dapat bekerja secara Profesional dan tidak akan sulit untuk melaksanakannya, karena semuanya telah di setting oleh Otak kita.

Program Kerja tersebut saya namakan TAHAPAN KERJA

Berikut adalah TAHAPAN KERJA yang harus kita ikuti dan lakukan agar kerja kita Efektif dan Hasil Kerja nya maksimal.

Tahapan Kerja tersebut disingkat P - D - C – A

P = PLAN
, Rencanakanlah terlebih dahulu secara baik dan benar apa yang akan kita kerjakan.

D = DO
, Kerjakanlah pekerjaan kita sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya.

C = CHECK & RECHECK,
Periksa dan Periksa Kembali (Bandingkan) secara bertahap, apakah hasil kerja kita telah sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan sebelumnya.

A = ACTION
, Teruskan pekerjaan kita, kalau hasilnya telah sesuai atau lebih baik dari yang telah kita rencanakan sebelumnya.

Kalau hasilnya jauh menyimpang (tidak sesuai atau lebih buruk), periksa kembali apakah PLAN (Rencana) Kerjanya yang salah atau tidak dapat direalisasikan, atau ada kesalahan dalam proses pengerjaannya, jika telah diketemukan penyebabnya, maka kita harus segera perbaiki dan disempurnakan.

Kemudian lanjutkan Tahapan Kerja kita, apakah itu mulai dari awal atau tinggal melanjutkan saja.

Bagaimana caranya kita memeriksa (CHECK & RECHECK) hasil kerja kita, caranya saya singkat dengan : A - T - P- M.

A =
AMATI, Perhatikan dengan seksama proses kerja yang telah kita lakukan, apakah betul-betul telah sesuai dengan SOP (Standard Operation Procedure) dan hasilnya sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

T =
TELITI, Teliti kembali apa yang telah kita kerjakan dan hasil kerjanya seperti apa ?

P =
PERIKSA, Periksa kembali kenapa terjadi kesalahan atau terjadi penyimpangan.

M =
MODIFIKASI, Perbaiki semua kekurangan atau kesalahan yang ada, kalau diperlukan perubahan atau modifikasi lakukanlah asal hasilnya dipastikan baik dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Oke para Sahabat ku, setelah kamu tahu Program TAHAPAN KERJA yang Baik dan Benar, silahkan kita semua meng-instal program tersebut kedalam Otak kita masing-masing,.......... Are You Ready !!!,......... Monggo Mas/Mbak.