Rabu, 02 September 2009

JUARA Sejati (SDM-5)

Mental Juara dan Juara Sejati

Sejak usia sembilan belas tahun (kuliah tingkat satu) saya telah bekerja menjadi seorang Salesman, dimulai dari sales buku ensiklopedia, selanjutnya saya menjadi sales mesin cuci dan vacum cleaner, sales mobil dan terakhir sales barang modal, itu semua dilalui selama enam belas tahun.

Diluar bidang sales, saya pernah keja dipabrik, tapi saya tidak betah dan merasa gagal berkarier disana.

Saya juga diberi kesempatan oleh pimpinan untuk memimpin para sales, termasuk mendevelop dan melatih (training) para sales tersebut, selama +/- empat tahun.

Sembilan belas tahun bekerja di lima perusahaan, kebetulan bekerja diperusahaan besar dan terbesar yang menguasai pasar (market leader) produk-produk tersebut.

Banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang saya dapat dari sana, baik itu belajar mengenal karakter, kepribadian, juga sikap mental dan perilaku dari para customer, teman-teman sales, juga bos, belajar bagaimana berkomunikasi secara efektip, bernegosiasi, melayani, meyakini customer dll.

Saat saya berwirausaha (telah sebelas tahun lebih), saya juga tetap menangani bidang sales dan marketing, dua bidang yang paling saya sukai dan cintai.

Disanalah saya banyak mengenal kepribadian dan sikap mental para sales yang hebat dan bermental juara (mental pemenang).

Tingkat persaingan didunia sales sangat ketat, dari pengalaman dan pengamatan saya, sales yang betul-betul berhasil dan sukses menjual paling banyak 7,5 % dari jumlah sales yang ada.

Banyak sekali sales yang sekedar jadi sales dan kebanyakan terpaksa jadi sales karena tidak punya pekerjaan lain atau daripada nganggur,.......... saya menyebutnya sales jadi-jadian.

Jadi tidak usah heran dan iri hati apabila kawan kita dari sales departemen kariernya sangat melesat seperti meteor, karena perjuangannya dan dedikasinya yang luar biasa, membuat ia layak dan pantas dapat bintang.

Coba bayangkan perusahaan tanpa sales, itu identik mobil tanpa mesin, mobil Formula Satu (F1) secanggih apapun, kalau tanpa mesin tetap saja dia tidak lebih dari sebuah gerobak berbentuk Formula Satu (F1).

Apa yang membuat seorang Sales bisa sukses ???

Bukan hanya karena ia mengusai Product Knowledge, menguasai hal-hal yang sifatnya Teknis dan ia adalah seorang sarjana, S1 atau S2 yang pintar, lulus cum laude di sekolahnya.

Terutama karena kepribadiannya, sikap mentalnya yang tercermin pada perilaku atau tingkah lakunya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai sales.

Kalau kita amati dan perhatikan banyak sekali mantan sales yang menjadi pimpinan puncak (CEO) dari perusahaan besar, bahkan terbesar di Indonesia.

Begitupun banyak sekali mantan sales yang sukses berwiraswasta, membangun kerajaan bisnis mereka sendiri.

Bagaimana Kepribadian dan Sikap Mental dari Sales Sukses ?

Ia harus sangat PD, Mandiri, Dewasa, Mental Juara (Mental Pemenang), Supel, Komunikatif, Empatik, Terbuka (Extrovert) dan Partisipatif .

Seorang sales adalah orang yang berani mengambil Resiko, Spekulatif, bekerja dengan Target dan Date Line (Batas Waktu) serta ingin mendapatkan Penghasilan (Uang) yang besar dan tidak dibatasi.

Itulah orang yang menurut pendapat saya layak dan pantas mendapat predikat Juara Sejati, walaupun tanpa medali, paling tidak mereka telah menjadi Juara Sejati atas diri mereka sendiri.

Untuk menciptakan sales seperti itu sangat sulit dan kecil tingkat keberhasilannya, bila kita hanya mendevelop mereka dengan training kepribadian dan motivasi dengan metode konvensional, training harus dilakukan berkali-kali dan berkesinambungan, makan banyak waktu dan kalau di jumlahkan biayanya sangat mahal, bagaimana dengan efektifitasnya ???

Cara yang sangat efektif menurut pengalaman saya adalah melalui terapi Psikosomatik, untuk merubah Kepribadian dan Sikap Mental mereka seperti yang diharapkan.

Bagi para sahabat non sales yang ingin sukses seperti teman-temanmu dari sales departemen, tidak perlu berkecil hati,......... kamu tinggal meniru, yakini dan ubahlah kepribadian dan sikap mental mu menjadi seorang JUARA SEJATI,......... berdoalah, Tuhan akan menolong dan membukakan jalan bagi semua umatnya,......... berani mencoba ???