Rabu, 02 September 2009

Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia

Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia

Kita semua tahu bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian yang terpenting dari suatu kegiatan Usaha atau Perusahaan atau suatu Organisasi.

SDM yang Profesional, Handal dan Mumpuni jauh lebih penting dibandingkan dengan manajemen, sistim dan teknologi tercanggih sekalipun.

Jadi suatu Usaha atau Perusahaan atau suatu Organisasi, bisa Sukses atau Hancur Lebur tergantung dari Kwalitas SDM yang ada dan terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.

Sayangnya kebanyakan Usaha atau Perusahaan atau Organisasi yang ada di negara kita tercinta ini, hanya memperhatikan dan mendevelop SDM nya, sebatas meningkatkan Knowledge (Pengetahuan) dan Skill (Kompetensi) saja.

Apakah itu semua sudah cukup ?

Ada satu hal yang teramat penting untuk menjadikan SDM kita sebagai Profesional sejati yang handal, mumpuni dan berahklak mulia, yaitu harus memiliki Kepribadian Dewasa dan Sikap Mental Juara, yang hasilnya tercermin dari tingkah laku atau perilakunya sehari-hari, dilingkungan dan ditempat mereka bekerja atau berkarya.

Itu yang masih sangat kurang diperhatikan oleh para pimpinan usaha atau perusahaan atau organisasi.

Buktinya Kwalitas dan Produktifitas SDM kita sangat rendah jika di bandingkan negara tetangga kita, sesama negara Asia Tenggara.

Lihat HDI (Human Development Index) yang diterbitkan setiap tahun oleh UNDP, Kwalitas dan Produktivitas SDM kita di Asia Tenggara saat ini hanya sedikit lebih unggul dari Vietnam (selisih indexnya hanya 0,002).

Padahal di Asia Tenggara, Indonesia adalah negara terluas wilayahnya, negara terkaya hasil bumi, hutan, tambang dan mineralnya, terkaya hasil lautnya, jumlah penduduknya terbesar, segala-galanya serba ter,.......... tapi kalau bicara kwalitas dan produktivitas SDM nya, di Asia Tenggara, negara kita jauh dibawah Singapura, Brunai, Malaysia, Thailand dan Philipina.

Kita hanya sedikit unggul dari Vietnam, Kamboja, Myanmar dan diurutan paling buncit adalah Laos.

Mengapa hal ini bisa terjadi,.......... coba kau pikirkan, coba kau renungkan, apa yang telah kau berikan (kata Kangen Band).

Indonesia yang semuanya serba ter,.......... tapi kalau bicara Kwalitas dan Produktivitas SDM nya, juga serba ter,.......... ?

Untuk lebih jelas dan lebih memahaminya, silahkan lihat dan baca kisah nyata SDM 1 s/d 15 dan selanjutnya.