Rabu, 02 September 2009

BOSS is always RIGHT (SDM-9)

BOSS selalu BENAR ?

Apakah kamu sependapat dengan istilah tersebut diatas ?

Bagi yang benar-benar sependapat dengan istilah tersebut diatas, berarti kalau kamu jadi Bos, maka kecenderungannya kamu akan jadi Bos yang Otoriter.

Bagi yang tidak sependapat dan menolak dengan tegas pendapat tersebut, berarti kalau kamu jadi Bos, maka kecenderungannya kamu akan jadi Bos yang Demokratis.

Masing-masing gaya ada kelebihan dan kekurangannya, tergantung dari situasi dan kondisinya, yang paling baik untuk kondisi negara kita adalah kombinasi antara keduanya (menurut pendapat saya loh).

Kadangkala kita harus Otoriter, bahkan harus menjadi sangat Otoriter, mengapa ?

Karena banyak sekali SDM kita yang disiplinnya, tanggung jawabnya rendah, ngeyel (keras kepala), sulit diatur dan kerjanya asal-asalan atau asal kerja (lihat dan baca KERBAU ber DASI).

Dan Bos juga harus Demokratis, beri kesempatan kepada bawahan kita untuk menyampaikan pendapat, masukan dan ide-ide mereka.
Bagaimana bawahan kita dapat berpikir kreatif dan inovatif, jika mereka takut dan ketakutan pada Bos nya.

Banyak loh,........... ide-ide cemerlang itu datangnya dari mereka.

Mengenai istilah " Boss is always RIGTH atau Bos selalu BENAR ", kalau saya dimintai pendapatnya, jawabannya adalah banyak benarnya, asalkan :

- Bos kita benar-benar Bos, bukan menjadi Bos karena hadiah atau pemberian.

- Dia menjadi Bos karena pengalamannya, kemampuannya, perjuangannya dan prestasi kerjanya.

Memang banyak diantara kita yang tidak dapat menerima pendapat tersebut,.......... makanya sampai ada istilah mentang-mentang Bos dia bisa seenaknya.

Mengapa seperti itu,.......... karena ada perbedaan cara pikir dan sudut pandang dari Bos dan bawahannya.

Sayapun dulu waktu bekerja (selama 19 tahun), sering kali mengalami hal seperti itu, tapi percaya deh, asalkan Bos kita memenuhi kriteria yang saya sebutkan diatas, teman-teman harus yakin dan percaya bahwa ucapan dan perintahnya kebanyak " selalu ") BENAR.

Cobalah kita ikuti dan jalani saja semua perintahnya dengan hati yang tulus dan sungguh-sungguh, walaupun menurut kita itu tidak mungkin, mengada-ada, seenaknya saja dll.

Tidak usah kuatir, waktu tidak bisa berbohong dan waktu tidak bisa dibohongi,........... jadi kita akan sama-sama melihat apakah Bos kita BENAR atau SALAH,......... bagaimana pendapatmu ???